.::. Galeh Aji Wedding Organizer .::.

Paket Pernikahan Yogyakarta || Paket Pernikahan Murah Yogyakarta

Pernikahan adalah sebuah prosesi panjang dan melelahkan. Salah satu bagian dari proses pernikahan adalah saat ijab qabul.  Ijab ...

Memilih Baju Untuk Ijab Kabul

By 3/02/2015 , , , ,



Pernikahan adalah sebuah prosesi panjang dan melelahkan. Salah satu bagian dari proses pernikahan adalah saat ijab qabul. 

Ijab qabul adalah sebuah bagian dari rangkaian acara pernikahan dimana sebuah pasangan dinikahkan secara resmi menurut agama dan hukum negara oleh seorang penghulu. 

Dalam acara ijab qabul, biasanya hanya dihadiri oleh pihak keluarga terdekat dari kedua mempelai. Acara ini sedikit tertutup jika dibandingkan dengan pesta pernikahan yang terkesan mewah dan ramai. 

Prosesi ijab qabul biasanya dilaksanakan sebelum pesta resepsi pernikahan digelar. Jika pada saat resepsi pernikahan pasangan pengantin akan berdandan habis-habisan, maka dalam prosesi ijab qabul setiap pasangan biasanya cukup mengenakan busana sederhana. 

Berikut ini adalah beberapa tips memilih baju saat menjalani prosesi ijab qabul. 

1. Busana sederhana pada saat prosesi ijab qabul dipilih karena prosesi ini merupakan sebuah prosesi yang khidmat dan sedikit bersentuhan dengan agama. 

Karena ada unsur agama di dalam ijab qabul, maka kebanyakan pasangan pengantin akan mengenakan pakaian sederhana berupa jas untuk pria dan kebaya dan kerudung untuk wanita. 

Mempelai pria bisa juga menambahkan peci sebagai aksesori tambahan dan mempelai perempuan dapat memakai selendang untuk aksesori tambahan. 


2. Selain pakaian ijab qabul standar seperti yang saya sebutkan diatas, pilihan baju resmi seperti batik juga bisa anda kenakan ketika menjalani prosesi ijab qabul. 

Buat baju bermotif batik yang sama untuk anda dan pasangan jika ingin tampil senada dan serasi selama upacara ijab qabul. 


3. Anda dan pasangan juga bisa mengenakan baju muslim yang sederhana dan simpel selama menjalani ijab qabul. 

Untuk pria, dapat mengenakan baju koko warna putih yang ditambah dengan memakai kopiah untuk memperkuat kesan religius dan khidmat. 

Untuk wanita, anda mempunyai pilihan yang banyak untuk baju muslim. Namun usahakan untuk tampil sedikit formal untuk upacara ini. Jilbab putih dengan baju kaftan bisa anda kenakan agar serasi dan senada dengan pasangan anda. 


4. Selain memilih jenis dan model baju yang anda kenakan ketika ijab qabul, hal lain menyangkut pakaian yang juga harus anda perhatikan adalah bahan dan kenyamanan. 

Pilihlah pakaian dengan bahan yang sejuk dan menyerap keringat karena nantinya prosesi ijab qabul akan membuat anda sedikit nervous dan stress. Ketika manusia stress atau grogi, maka otomatis tubuh akan memproduksi keringat yang lebih banyak. 

Selain memakai bahan yang menyerap keringat, anda dapat melengkapinya dengan mamakai baju dalam yang nyaman sehingga anda bisa mengatasi kelebihan keringat. 

Baju yang nyaman juga membantu anda agar rileks selama prosesi ijab qabul. Pakaian yang tidak nyaman, terlalu besar, atau terlalu kecil akan menganggu konsentrasi anda saat mengucapkan ijab qabul. 

Pilih pakaian yang longgar, santai, namun dapat digunakan di acara formal. 

Sumber : berbagai sumber




You Might Also Like

0 komentar